Kata Kerja Operasional atau sering disebut KKO yaitu sebuah klasifikasi kata kunci pencapaian indikator dalam pembelajaran atau juga sebagai acuan untuk mengidentifikasi indikator yang akan dicapai dalam pembbelajaran apakah masuk ke ranah Mengetahui, Memahami, Mengaplikasi atau ranah Menganalisis. pada postingan kali ini penulis akan menyajikan tabel taksonomi bloom berkaitan dengan struktur aplikatif dalam pendidikan yaitu dalam menentukan Indikator Penilaian Kompetensi (IPK) berdasarkan Kurikulum K13
KKO BAHASA ASING / ARAB /
INGGRIS DLL
KATA KERJA OPERASIONAL YANG BISA DIGUNAKAN DALAM
BAHASA ARAB KURIKULUM 2013
No
|
C1 -
MENGETAHUI
|
C2 - MEMAHAMI
|
C3 -
MENGAPLIKASI
|
C4 -
MENGANALISIS
|
C5 -
MENGEVALUASI
|
C6 -
MENGKREASI
|
1
|
Mengutip
|
Memperkirakan
|
memerlukan
|
menganalisis
|
mempertimbangkan
|
mengabstraksi
|
2
|
Menyebutkan
|
Menjelaskan
|
menyesuaikan
|
Mengaudit/ memeriksa
|
menilai
|
menganimasi
|
3
|
Menjelaskan
|
Mengkategorikan
|
mengalokasikan
|
membuat blueprint
|
membandingkan
|
mengatur
|
4
|
Menggambar
|
Mencirikan
|
mengurutkan
|
membuat garis besar
|
menyimpulkan
|
mengumpulkan
|
5
|
Membilang
|
Merinci
|
menerapkan
|
memecahkan
|
mengkontraskan
|
mendanai
|
6
|
Mengidentifikasi
|
Mengasosiasikan
|
menentukan
|
Mengkarakteristik-kan
|
mengarahkan
|
mengkategorikan
|
7
|
Mendaftar
|
Membandingkan
|
menugaskan
|
membuat dasar pengelompokkan
|
mengkritik
|
mengkode
|
8
|
Menunjukkan
|
Menghitung
|
memperoleh
|
merasionalkan
|
menimbang
|
mengkombinasikan
|
9
|
Memberi label
|
Mengkontraskan
|
mencegah
|
menegaskan
|
mempertahankan
|
menyusun
|
10
|
Memberi indeks
|
Mengubah
|
mencanangkan
|
membuat dasar pengkontras
|
memutuskan
|
mengarang
|
11
|
Memasangkan
|
Mempertahankan
|
mengkalkulasi
|
mengkorelasikan
|
memisahkan
|
membangun
|
12
|
Menamai
|
Menguraikan
|
menangkap
|
mendeteksi
|
memprediksi
|
menanggulangi
|
13
|
Menandai
|
Menjalin
|
memodifikasi
|
mendiagnosis
|
menilai
|
menghubungkan
|
14
|
Membaca
|
Membedakan
|
mengklasifikasikan
|
mendiagramkan
|
memperjelas
|
menciptakan
|
15
|
Menyadari
|
Mendiskusikan
|
melengkapi
|
mendiversifikasi
|
merangking
|
mengkreasikan
|
16
|
Menghafal
|
Menggali
|
menghitung
|
menyeleksi
|
menugaskan
|
mengkoreksi
|
17
|
Meniru
|
Mencontohkan
|
membangun
|
memerinci ke bagian-bagian
|
menafsirkan
|
memotret
|
18
|
Mencatat
|
Menerangkan
|
membiasakan
|
menominasikan
|
memberi pertimbangan
|
merancang
|
19
|
Mengulang
|
Mengemukakan
|
mendemonstrasikan
|
Mendokumentasi-kan
|
membenarkan
|
mengembangkan
|
20
|
Mereproduksi
|
Mempolakan
|
menurunkan
|
menjamin
|
mengukur
|
merencanakan
|
21
|
Meninjau
|
Memperluas
|
menentukan
|
menguji
|
memproyeksi
|
mendikte
|
22
|
Memilih
|
Menyimpulkan
|
menemukan
|
mencerahkan
|
memerinci
|
meningkatkan
|
23
|
Menyatakan
|
Meramalkan
|
menggambarkan
|
menjelajah
|
menggradasi
|
memperjelas
|
24
|
Mempelajari
|
Merangkum
|
menemukan kembali
|
membagankan
|
merentangkan
|
memfasilitasi
|
25
|
Mentabulasi
|
Menjabarkan
|
menggunakan
|
memngumpulkan
|
merekomendasikan
|
membentuk
|
26
|
Memberi kode
|
|
Melatih
|
membuat kelompok
|
melepaskan
|
merumuskan
|
27
|
Menelusuri
|
|
menggali
|
mengidentifikasi
|
memilih
|
Menggeneralisasi-kan
|
28
|
Menulis
|
|
membuka
|
mengilustrasikan
|
merangkum
|
menumbuhkan
|
29
|
|
|
mengemukakan
|
menyimpulkan
|
mendukung
|
menangani
|
30
|
|
|
membuat faktor
|
menginterupsi
|
mengetes
|
mengirim
|
31
|
|
|
membuat gambar
|
menemukan
|
memvalidasi
|
memperbaiki
|
32
|
|
|
membuat grafik
|
menelaah
|
membuktikan kembali
|
menggabungkan
|
33
|
|
|
menangani
|
menata
|
|
memadukan
|
34
|
|
|
mengilustrasikan
|
mengelola
|
|
membatasi
|
35
|
|
|
mengadaptasi
|
memaksimalkan
|
|
menggabungkan
|
36
|
|
|
menyelidiki
|
meninimalkan
|
|
mengajar
|
37
|
|
|
memanipulasi
|
mengoptimalkan
|
|
membuat model
|
38
|
|
|
mempercantik
|
memerintahkan
|
|
mengimprovisasi
|
39
|
|
|
mengoperasikan
|
menggarisbesarkan
|
|
membuat jaringan
|
40
|
|
|
mmpersoalkan
|
memberi tanda/kode
|
|
mengorganisasikan
|
41
|
|
|
|
memprioritaskan
|
|
mensketsa
|
42
|
|
|
|
mengedit
|
|
mereparasi
|
0 comments:
Post a Comment